Karya Tulis Ilmiah
Informasi Detail koleksi
GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN PESERTA JKN DI PUSKESMAS TANJUNGANOM NGANJUK
Prodi | : D3 ASURANSI KESEHATAN |
Pengarang | : ELVIRA ROSITA DEWI |
Dosen Pembimbing | : Eko Rahman Setiawan, SKM., MKM |
Klasifikasi/Subjek | : , |
Penerbitan | : , Malang: 2021. |
Bahasa | : Bahasa Indonesia |
PENYIMPANAN | |
Lokasi | : --- |
Jumlah | : 1 |
Abstraksi
Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) memiliki kepesertaan yang bersifat wajib dan juga bertujuan untuk melindungi dan menjamin kesehatan masyarakat dan diberikan kepada masyarakat yang telah membayar iuran secara mandiri atau iuran yang dibayarkan oleh pemerintah. Puskesmas merupakan salah satu fasilitas pelayanan umum yang memberikan pelayanan kesehatan untuk masyarakat. Terdapat 20 Puskesmas yang berada di Kabupaten Nganjuk, salah satunya adalah Puskesmas Tanjunganom Nganjuk yang memiliki jumlah peserta JKN terbanyak di Kecamatan Tanjunganom. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien rawat jalan peserta JKN di Puskesmas Tanjunganom Nganjuk. Populasi pada penelitian ini sebanyak 1.545 orang pasien rawat jalan selama bulan Agustus. Didapatkan 94 responden yang ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data disajikan dalam bentuk tabel persentase dan disertai dengan penjelasan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan aspek fisik (tangible) sebanyak 72% merasa puas dan 28% merasa tidak puas, kehandalan (reliability) sebanyak 87% merasa puas dan 13% merasa tidak puas, ketanggapan (responsiveness) sebanyak 81% merasa puas dan 19% merasa tidak puas, jaminan (insurance) sebanyak 91% merasa puas dan 9% merasa tidak puas dan kepedulian (empathy) sebanyak 87% merasa puas dan 13% merasa tidak puas. Saran yang diberikan untuk Puskesmas Tanjunganom Nganjuk adalah untuk lebih memperhatikan ruang tunggu dibagian depan agar lebih nyaman selain itu juga lebih cepat dan tanggap dalam melayani pasien.